Onlineinfopase, Bandung
- Honda Supra GTR 150 hadir dengan menawarkan segudang fitur. Baik dari desain,
tenaga, hingga performa terbaik dijanjikan Honda. Tapi benarkah demikian?
Kali ini detikOto pun merasakan ketangguhannya, dengan melakukan perjalanan
hingga 123 km dengan rute Taman Safari Bogor menuju Jati Luhur Purwakarta,
kemudian finish di Stasiun Kereta Bandung.
Nah penasaran bagaimana ketangguhan bebek konsep grand turismo, yang diklaim
bakal mampu melahap segala medan ini. Simak ulasannya berikut ini Otolovers.
1. Desain
Bicara soal
desain yang disajikan jelas balik ke selera Anda masing-masing Otolovers. Namun
jika ada ada yang mengatakan GTR 150 memiliki desain yang mirip dengan
kompetitor? Honda pastikan hal itu tidaklah benar.
President Director AHM Toshiyuki Inuma menjelaskan, jika ada yang berpendapat
seperti itu merupakan penilaian yang salah besar.
"Dibilang mirip dengan kompetitor itu tidak tepat. Karena desainnya secara
keseluruhan sangat berbeda dibandingkan dengan All New Supra GTR 150
kami," kata Inuma di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Selasa (24/5/2016).
Hal ini juga langsung ditegaskan Marketing Director AHM, Koji Sugita. Motor
memiliki desain original milik Honda. "Menurut kami, ini bisa dilihat pada
desain terbaru yang kami perkenalkan. Ini merupakan original ide kami. Bukan
dari kompetitor," tambah Koji.
Namun jika coba melihat desain yang disajikan kesan futuristik sangat terlihat
dari lekukan disetiap tubuhnya. Meski memiliki lekukan tubuh yang futuristik,
tampilan All New Supra GTR 150 ini begitu rapih.
Bahkan motor ini terkesan begitu mewah, dengan hanya memperlihatkan bongkahan
mesin dan radiator. Dan semuanya diselimuti dengan bodi, bahkan suspensi
belakang ditutup dengan rapih. Jadi jika diibaratkan dengan mobil, boleh
dibilang mirip mobil Eropa karena mesinnya juga tertutup dengan sempurna.
Selanjutnya jika melihat desain lampu depan All New Honda Supra GTR150,
model ini kini sudah dilengkapi LED Headlight dengan dual layer multireflektor.
Sehingga akan mampu memberikan pencahayaan sempurna saat berkendara.
Combine digital panelmeter pada model ini, memberikan tampilan sporty dan
canggih. Namun tetap memberikan kemudahan informasi kecepatan maupun jarak
jelajah yang sudah dilalui.
Model flagship sport cub ini juga dikatakan memiliki desain dengan posisi
berkendara yang menghadirkan kenyamanan optimal. Mudah dikendalikan dan stabil
dikendarai selama berpetualang danberkendara jarak jauh.
Hal ini didapatkan dari posisi berkendara yang tegak (upright riding position)
dan twin tube frame yang kuat (rigid).
Selanjutnya jika melihat tampilan belakang, Honda sepertinya masih
mempertahankan desain utama dari Supra generasi sebelumnya.
2. Tenaga
Dahsyat
Akhirnya
detikOto merasakan ketangguhan bebek super Honda yang satu ini. Perjalanan
dengan rute beragam mulai dari jalanan aspal, hingga jalanan berbatu,
berlubang, berliku ditemui detikOto.
Saat menghidupkan mesin 150 cc, sangat terdengar suara mesin ciri khas Honda
begitu jelas terdengar. Begitu halus, senyap dan tidak bising. Tampilan Combine
digital panel meter, membantu pengendara dalam memberikan informasi terbaik, seperti
konsumsi bahan bakar, rpm, dan seberapa cepat Anda melaju.
Model terbaru Honda ini diklaim akan berbekal power yang berlimpah, dengan
akselerasi responsif di setiap perpindahan transmisi hingga 11,6 kW (15,9 PS)
di 9.000 rpm dan mencapai kecepatan maksimum hingga 122 km/jam.
Meski memiliki performa tinggi, All New Honda Supra GTR 150 tetap hemat dalam
konsumsi bahan bakar. Berdasarkan pengujian Honda, All New Supra GTR150 mampu
menjelajah hingga mencapai 42.20 km/liter. Dengan metode ECE R40 standar EURO
3. Jika dilakukan pengujian standar EURO 2 All New Supra GTR150 akan
mengkonsumsi bahan bakar hingga 47,41 km/liter.
detikOto pun ingin langsung membuktikannya, saat masuk gigi pertama, Honda All
New Supra GTR 150 sangat terasa memiliki tenaga yang sangat dahsyat. Begitu
juga saat memasuki gigi 2-3-4, tenaga besar masih sangat terasa.
Meski jalanan berliku menanjang dan turunan, All New Supra GTR 150 tidak pernah
mengorok atau terkesan berat. Sehingga bisa disimpulkan tanjakan seperti apapun
bukan menjadi masalah untuk motor 150 cc ini.
Saat bertemu medan berbatu, awalnya diprediksi Supra GTR150 ini akan terhambat.
Lagi-lagi hal tersebut terbantahkan dan begitu mudah motor melaju. Suspensi,
ban yang lebar, jok yang lebar, membuar motor ini begitu nyaman di setiap
kondisi.
Dan ketika berjumpa dengan jalanan trak halus dan terbilang cukup panjang,
detikOto pun mencoba meningkatkan performanya.
All New Supra GTR 150 pun menjawabnya dengan mudah, terbukti saat detikOto
memasuki transmisi ke-6 detikOto berhasil menembus 120 km/jam. Sayang jarak
yang tidak terlalu panjang, membuat saya harus menurunkan kecepatan.
Tenaga besar atau power besar sangat terasa, di setiap putarannya. Sehingga
detikOto pun menilai, rasanya pantas jika motor mampu melahap segala medan. [Detik.com]
Comments
Post a Comment